Manfaat Jagung

KESEHATAN




Jagung merupakan salah satu hasil pertanian yang mudah kita dapatkan dengan harga relatif murah. Bisa diolah secara sederhana seperti di rebus maupun diolah menjadi berbagai makanan lezat lain.



 

Jagung kaya akan serat yang membantu proses pencernaan. Menurut penelitian, satu porsi jagung sudah memenuhi kebutuhan 10 persen serat setiap hari. salah satu makanan kaya serat, baik serat larut dan tidak larut. Serat larut dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol. Selain itu, konsumsi jagung mampu membuat buang air besar lebih lancar, menghindarkan dari masalah sembelit, wasir, hingga kanker usus besar.


Mencegah anemia

Jika terserang anemia, mungkin konsumsi jagung perlu ditingkatkan. Sebab anemia biasanya disebabkan oleh kondisi kekurangan vitamin B12, asam folat, dan zat besi. 

Mengontrol Diabetes

Manfaat mengejutkan dari jagung bagi kesehatan berikutnya adalah mengontrol diabetes. Sebab ada senyawa tertentu dalam jagung yang mampu menurunkan risiko serangan penyakit ini.



Ibu hamil perlu banyak nutrisi karena tidak hanya untuk dirinya sendiri, akan tetapi juga untuk menjaga kesehatan janin yang ada dalam kandungannya. Kesehatan ibu hamil harus selalu diperhatikan, dan harus diberikan asupan mineral yang cukup agar kesehatan tulang dan juga kesehatan ginjal pada ibu hamil tetap terjaga. Ibu hamil yang mengkonsumsi jagung manis juga akan terhindar dari anemia.


Konsumsi secara teratur biji jagung membantu dalam pengelolanan insulin pada diabetesi. Selain itu melindungi dari hipertensi karena ada kandungan phenolic phytochemicals.
Phenolic phytochemicals mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan paku dan tetes untuk pasien diabetes dan memungkinkan mereka untuk mempertahankan gaya hidup yang normal.

Menyehatkan kulit
Jagung dalam bentuk minyak adalah produk kecantikan yang mulai banyak ditemukan di pasaran. Minyak jagung memang punya kemampuan dalam menyehatkan kulit secara alami.

Fosfor yang terkandung dalam jagung manis sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan lain yakni kalsium yang ada di dalam jagung manis juga dapat bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang, agar tulang tidak keropos dan mengalami osteoporosis. Selain fosfor dan kalsium, jagung manis juga mengandung magnesium yang sangat diperlukan untuk menjaga kekuatan tulang. 


Semoga bermanfaat :)

0 Comments