TIPS




Kasus jatuhnya handphone ke air seringkali membuat kecewa, karena dapat menyebabkan handphone mati total jika ditangani dengan cara yang salah. Air dengan barang elektronik semisal ponsel dapat merusak perangkat secara instan. 
Masih terdapat harapan jika smartphone anda yang terkena air akan selamat, jika dilakukan dengan penanganan yang tepat
Jika jenis smartphone anda tidak memiliki sertifikat water resistant, maka akan terdapat 3 kemungkinan jika sewaktu waktu smartphone anda terkena air.
  • Mati total.
  • Dapat menyala namun dalam kondisi tidak normal.
  • Blank (menyala namun berwarna putih).



Sebelumnya, perlu disadari bahwa tidak semua bisa diselamatkan. Ini hanyalah beberapa cara untuk menyelamatkan ponselmu yang kecebur air.
Beras memang salah satu cara yang sudah sangat kerap kita dengar. Tapi, ternyata ada juga cara yang lain yang nggak kalah ampuh. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba.

Langkah pertama jangan matikan HP dengan shutdown menu. cabut aja langsung baterai, memory, dan simcard. Melepas keseluruhan casing lebih baik

Jangan pikir lama, kamu harus melatih reflek kamu untuk segera melepas baterai HP kamu sesegera mungkin setelah HP kamu kecebur atau ketumpahan air. Kamu nggak perlu pakai tombol shutdown cara semacam itu. Langsung aja lepas demi keselamatan saat itu juga.

Keringkan Bagian Luar Smartphone  (LCD)

Setelah selesai urusan bagian dalam, hal yang harus anda lakukan berikutnya adalah mengeringkan bagian luar ponsel, khususnya pada LCD. Biasanya LCD sering rusak setelah terkena air karena berisi filamen lunak yang tidak tahan pada kelembaban air. Jika dibiarkan terlalu lama akan muncul flek hitam pada LCD.

Jangan Meniup Smartphone

Disarankan untuk tidak meniup smartphone setelah terkena air, hal ini dikarenakan air akan masuk lebih dalam jika anda meniupnya. Cara mengatasi hp terkena air yaitu dengan menggunakan vacuum cleaner. Sehingga anda bisa menarik keluar air di dalam handphone.


Keringkan Smartphone 

Anda harus benar – benar mengeringkan ponsel sebelum digunakan kembali, terdapat banyak sekali metode yang dapat anda gunakan untuk mengeringkan smartphone. Salah satunya anda dapat menggunakan beras. Kenapa harus beras? Karena beras dianggap sebagai bahan yang dapat menyerap kelembaban dengan cepat.
Semoga bermanfaat :)
Baca Juga....