KEMENHUB



Persoalan keselamatan lalu tidak bisa selesai oleh pemerintah saja namun perlu partisipasi masyrakat termasuk pelajar.


Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) menyelenggarakan Kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Nasional Tahun 2018. Dalam acara yang dibuka pada Senin (8/10) malam, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, "Persoalan keselamatan lalu lintas tidak bisa selesai oleh pemerintah saja namun perlu partisipasi masyarakat termasuk pelajar. Ilmu bisa didapatkan dari bangku sekolah, tetapi perilaku harus dibangun dari kesadaran diri sendiri."
Menurutnya kegiatan ini memiliki arti penting dalam upaya meningkatkan keselamatan dan menanamkan kesadaran berlalu lintas khususnya dikalangan generasi penerus bangsa dan masyarakat pada umumnya.
"Perilaku berlalu lintas di jalan raya merupakan gambaran kepribadian diri serta menjadi cerminan budaya bangsa," lanjutnya. Dirjen Budi juga berharap agar para pelajar dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan terkait dengan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, sehingga dapat mensosialisasikan di tempat mereka belajar, serta menjadi suri tauladan bagi rekan-rekan di sekolahnya sesuai dengan predikat yang disandangnya.

Senada dengan hal tersebut Direktur Pembinaan Keselamatan Perhubungan Darat, Risal Wasal, dalam laporannya menyampaikan, "Penyelenggaraan kegiatan pemilhan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan tingkat nasional tahun 2018 bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di kalangan pelajar dalam rangka pembentukan karakter budaya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan."
Risal juga menjelaskan bahwa proses seleksi peserta dimulai dari tingkat kabupaten/kota dengan diikuti oleh perwakilan sekolah menengah umum yang ada di kabupaten/kota. Setelah didapatkan pemenang pada tingkat kabupaten/kota maka dinas perhubungan kabupaten/kota kemudian mengusulkan nama-nama tersebut ke dinas perhubungan provinsi untuk mengikuti proses seleksi pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di tingkat provinsi.
Pelaksanaan seleksi tingkat nasional dilaksanakan pada 8 s/d 12 oktober 2018 di Hotel Aryaduta, Jakarta. Diikuti oleh 71 orang pelajar setingkat SMA terdiri dari 28 siswa dan 43 siswi yang merupakan perwakilan dari 27 provinsi di Indonesia.

 Semoga bermanfaat :)

Sumber : Newsletter InfoHubdat