1. Lambung Kapal
Ukuran
dan persyaratan mobilitas sebuah kapal memberi pengaruh yang sangat
besar pada tata letak struktural maupun rancangannya. Kapal termasuk struktur yang paling kompleks dan hal ini sebagian disebabkan karena tuntutan mobilitasnya.
Karakteristik
tahanan dan propulsi yang baik mengharuskan bahwa permukaan luar kulit
lambungnya merupakan suatu permukaan lengkung tiga dimensi yang rumit
karena pelat lambung merupakan salah satu komponen struktur utama
kapal. Pada umumnya konstruksi kapal terdiri dari badan kapal beserta
bangunan atas dan/atau rumah geladak. Badan kapal terdiri dari lambung
kiri dan lambung kanan, dasar dan satu atau beberapa geladak.
Lambung kapal (hull) sebagai bagian utama dari kapal memiliki berbagai bentuk. Ada yang menyerupai kotak/balok (kapal tongkang, SPBU apung dan ponton), Ada pula yang ramping (speed boat) ataupun yang gemuk (kapal cargo dan tanker). Karakter lambung ini sesuai dengan nilai koefisien blok masing-masing lambung. Ada kapal yang memiliki dua buah lambung yang simetris satu sama lain. Pada bagian atas lambungnya terdapat bagian penyatu, lebih dikenal dengan catamaran yang memiliki tingkat kestabilan yang lebih baik.
Dari kesemua bentuk tersebut, terdapat suatu kesamaan dimana pada bagian haluan lambung akan sedikit mengecil agar lebih mudah membelahair mengikuti prinsip hidrodinamika, Pada bagian buritan cenderung lebih gemuk dibandingkan haluan .
2. Volume Lambung
Data volume lambung amat diperlukan terutama dalam kaitannya dengan penghitungan massa kapal, massa muatan dan tonase kapal. Bentuk
lambung kapal bersifat unik dan bukanlah bentuk bangun geometrik tiga
dimensi biasa. Untuk itu, diperlukan cara khusus dalam menghitung
volume lambung kapal tersebut.
Dalam
penghitungan, lambung kapal diasumsikan terdiri dari beberapa
penampang melintang dengan besaran luas penampang yang berbeda-beda. Dimana
bagian haluan bentuknya meruncing sehingga hanya berupa titik dimana
luasnya adalah nol. Dengan demikian, untuk mencari volume lambung kapal
maka harus dicari terlebih dahulu besaran luas masing-masing penampang
melintang tersebut.
Sebuah prinsip cara pengukuran kapal dengan mempergunakan Simpson Rule (aturan Simpson) yang dituangkan dalam Merchant Shipping Act of 1851oleh seorang sarjana Inggris bernama George Moorson.
Terdapat beberapa dalil untuk menghitung luasan tersebut sebagai berikut :
a. Dalil Trapesium
Luas Bidang = ½ x I x (h1 + 2h2 + 2h3 + 2h4 + h5)
Kelemahan dalil ini adalah hasilnya kurang akurat namun bisa digunakan pada semua kasus perhitungan bidang dengan sembarang jumlah ordinatnya.
b. Dalil Simpson I
Luas Bidang = 1/3 x I x (h1 + 4h2+ 2h3 + 4h4 + h5)
Dalil ini hanya dapat digunakan pada bidang yang mempunyai jumlah ordinat ganjil yaitu 3,5,7,9, dst.
c. Dalil Simpson II
Dalil
simpson ini hanya dapat digunakan untuk menghitung luas bidang yang
mempunyai jumlah ordinat sebanyak 4,7,10,13 dst dengan selisih 3.
1) Untuk 4 Ordinat
Luas Bidang = 3/8 x I x (h1 + 3h2+ 3h3 + h4)
2) Untuk 7 Ordinat
Luas Bidang = 3/8 x I x (h1 + 3h2+ 3h3 + h4 + 3h5 + 3h6 + h7)
d. Dalil Referensi (6 ordinat)
Luas Bidang = 25/24 x I x (2/5.h1 + h2+ h3 + h4 + 2/3.h5)
Dalil ini hanya dapat digunakan untuk menghitung luas bidang yang mempunyai jumlah ordinat sebanyak 6 buah saja
e. Dalil 5 + 8 – 1
Luas Bidang = 1/12 x I x (5h1 + 8h2- 3h3)
Dalil ini cenderung kurang akurat dan hanya digunakan untuk 3 ordinat
Dengan demikian, tahapan dalam menghitung volume lambung kapal adalah sebagai berikut:
1) Memisahkan lambung kapal menjadi beberapa bidang melintang atau memanjang dengan jarak interval sama,
2) Membuat tiap-tiap bidang dalam beberapa ordinat dengan jarak yang sama dan ukur tinggi tiap ordinat,
3) Menghitung masing-masing setengah luasan bidang memakai Dalil Simpson sesuai dengan jumlah ordinat untuk kemudian dikalikan dua,
4) Menghitung volume lambung dengan menggunakan Dalil Simpson sesuai dengan jumlah luasan masing-masing bidang yang telah dihitung sebelumnya.
1 Comments
ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
ReplyDeletehanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142