KESEHATAN




Beras merah merupakan beras yang belum mengalami proses penggilingan atau pengelupasan kulit sepenuhnya. Lapisan kulit yang masih menutupi bijirin beras mengandung serat dan nutrisi yang penting bagi tubuh. Sedangkan beras putih sudah dikuliti hingga hanya tersisa bijirinnya. Sehingga tidak memiliki lagi serat dan bisa meningkatkan kadar gula. Itulah sebabnya, mengonsumsi beras merah lebih sehat ketimbang beras putih. Salah satu manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh yang sudah banyak diketahui adalah manfaatnya untuk program diet.

Memiliki Indeks Glikemik yang Rendah
Indeks glikemik (Glycemic Index atau GI) dapat didefinisikan sebagai angka yang menunjukkan potensi peningkatan kadar gula dalam darah setelah mengonsumsi makanan tertentu. Semakin besar indeks glikemik pada suatu bahan makanan, maka semakin besar pula risiko peningkatan kadar gula darah usai menyantap makanan tersebut. Fluktuasi indeks glikemik ini dapat menyebabkan penyakit diabetes jika dibiarkan begitu saja.
Ternyata beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada beras putih. Sehingga mengonsumsi beras merah sangat baik bagi penderita diabetes serta mendukung kesuksesan program diet.

Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat beras merah bagi kesehatan yang keempat adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Beras merah kaya akan selenium yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Konsumsi biji-bijian seperti beras merah membantu mengurangi penyumbatan arteri karena penumpukan plak.
Tindakan pelindung ini mengurangi risiko gangguan jantung seperti hipertensi tinggi dan penyakit vaskular. Studi yang dilakukan dalam hal ini menunjukkan bahwa jaringan di sekitar butir beras merah mengandung komponen yang bekerja melawan protein endokrin angiotensin II, yang memainkan peran utama dalam perkembangan tekanan darah tinggi dan atherosclerosis.
Kaya akan Zinc

Mineral ini membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sistem imun berfungsi dengan baik. Zinc juga kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang bersifat merusak sel-sel dan jaringan tubuh.

Kamu akan Merasa Kenyang Lebih Lama

Wajar saja bila kamu merasa kenyang lebih lama ketika menyantap nasi dari beras merah. Karena beras merah mengandung serat 6 kali lebih banyak daripada beras putih. Kandungan serat ini akan diproses oleh sistem pencernaan dalam waktu lama. Sehingga kamu tidak akan mudah merasa lapar. Pokoknya rasa kenyangnya lebih mantap dibandingkan dengan nasi dari beras putih.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Ada beragam jenis vitamin dan mineral yang terkandung dalam beras merah. Itulah sebabnya mengonsumsi beras merah akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Karena kebutuhan mikronutrisi bagi tubuh akan terpenuhi dengan baik jika kamu menjadikan beras merah sebagai bahan makanan pokokmu.